tips menjaga kesehatan reproduksi wanita, info penyakit dan pengobatannya.

Senin, 26 Februari 2018

Lihat Tanda Kesehatan Rahim Dari Warna Darah Menstruasi

Warna darah menstruasi yang berbeda, ternyata juga bisa jadi tanda dari bagaimana kualitas kesehatan rahim wanita. Hal ini telah dijelaskan dari penelitian yang dilakukan oleh Robyn Charlery White, Ph.D, seorang peneliti kesehatan reproduksi seperti dilansir dari laman health.liputan6, dalam penelitiannya dijelaskan jika darah menstruasi normal berwarna terang ke gelap dan sesekali berubah dari kemerahan menjadi kecoklatan. Kondisi ini Tapi ada bisa terjadi dikarenakan adanya beberapa tanda yang mengindikasikan adanya masalah pada organ reproduksi.



Lihat Tanda Kesehatan Rahim Dari Warna Darah Menstruasi


Dan berikut ini, adalah tanda-tanda dari kesehatan rahim yang dilihat dari warna darah menstruasi wanita. Yaitu :

1. Merah terang.

Biasanya darah menstruasi  dengan warna merah terang terjadi di awal siklus menstruasi. Hal ini menandakan jika saluran uterus tengah memngeluarkan darah baru dengan cepat. Jika kemudian darah tetap berwarna merah setelah beberapa hari menstruasi, lalu diiringi dengan kram yang tidak biasa, kemungkinan hal itu mengindikasikan keguguran atau luruhnya kista ovarium. Namun hal ini tidak akan membahayakan Anda.

2. Merah gelap.

Darah haid yang berwarna gelap mendakan jika darah telah lama tersimpan di uterus. Biasanya muncul menjelang saat akhir menstruasi. Kondisi ini juga mengindikasikan tingginya kadar estrogen. Kondisi ini merupakan hal normal bagi siklus menstruasi wanita, terutama saat Anda bangun pagi atau saat menstruasi tengah deras-derasnya.

3. Darah cokelat atau hitam.

Warna darah cokelat atau hitam pada umumnya akan terlihat saat akhir siklus menstruasi. Biasanya hanya sedikit atau berupa bercak.

4. Bercak darah berwarna terang.

Jika Anda menemukan bercak merah terang atau berwarna merah muda sebelum menstruasi, kondisi ini mengindikasikan bahwa kadar estrogen yang rendah. Gangguan hormonal seperti ini juga bisa mengarah pada menstruasi yang tidak teratur, kelelahan, dan masalah kesehatan lainnya. Sebaiknya segera temui ahli kandungan jika masalah ini kerap terjadi pada Anda.

5. Warna darah oranye.

Ada seulas warna oranye pada darah menstruasi Anda? Bau dan kosistensinya pada darah menstruasi juga memberi Anda petunjuk apakah ada masalah kesehatan pada tubuh. Tekstur yang licin umumnya normal, tapi jika teksturnya selain itu dan disertai bau tak enak, bisa jadi menandakan darah tercampur dengan cairan serviks akibat infeksi atau STC. Segera periksakan diri ke dokter.

6. Menggumpal.

Bukan hal aneh memang jika terkadang terdapat gumpalan dalam darah menstruasi, terutama saat menjelang akhir siklus. Ahli kandungan Lisa Lindley, M.D, menjelaskan, jika menjelang akhir menstruasi, protein fibrin mengaktifkan platelet dalam darah menstruasi hingga darah menggumpal. Bahkan, Anda mungkin melihat adanya serat putih pada gumpalan. Tidak perlu panik mengenai hal ini. Yang perlu Anda khawatirkan hanya jika ada banyak gumpalan. Ini menandakan fibroid yang menghambat uterus meremas pembuluh darah. Walaupun dalam kasusnya jarang, banyaknya gumpalan bisa menjadi tanda keguguran. Bagi wanita yang telah berpasangan, tidak ada salahnya mendiskusikan hal ini dengan dokter kandungan.

Lihat Tanda Kesehatan Rahim Dari Warna Darah Menstruasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar